Manfaat Jamur Tiram

Manfaat dari jamur tiram ini antara lain sebagai berikut :

1. Sebagai Pangan

manfaat-jamur-tiram-obat-pangan-pupuk-jamurselawangi

Jamur tiram memiliki kandungan gizi yang lengkap sebagai bahan pangan. Jamur tiram mengandung protein nabati cukup tinggi (10-30%) dan asam amino esensial yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran jenis lainnya.
Dalam bobot 100 gram jamur tiram kering mengandung : air (73,7 - 90,8%), protein(10,5 – 30,4%), karbohidrat (57,6 – 81,8%), lemak (1,6 – 2,2%), dan asam amino. Selain itu, jamur tiram juga mengandung mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuhseperti zat besi (Fe), Fospor (P), Kalium (K), Zinc (Zn), Natrium (Na), dan Kalsium (Ca).
Jamur tiram mengandung asam amino esensial yang tidak dapat disintesis oleh tubuh. Kandungan asam amino dalam jamur tiram antara lain isoleusin, lisin, metholin, cistein, penilanin, tirosin, treonin, triptopan, valin, arginin, histidin, alanin, asam asartat, asam glutamat, gilisin, prolin dan serin. Asam lemak tak jenuh yang terdapat dalam jamur tiram sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi, stroke, jantung, kolesterol, maupun bagi parang yang sedang menjalankan program diet. Selain memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, jamur tiram putih juga merupakan bahan pangan yang fungsional yang bersifat sebagai imonumodulator (meningkatkan sistem kekebalan tubuh).

2. Sebagai Obat

Selain sebagai bahan pangan yang baik, jamur tiram juga berguna untuk keperluan kesehatan dan pengobatan. Jamur tiram mengandung karbohidrat, lemak dan kalori rendah, tetapi seratnya tinggi sehingga cocok untuk dikonsumsi dalam program diet penderita diabetes dan hipertensi. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa jamur tiram juga bisa digunakan sebagai vaksinasi dan anti virus. Berikut beberapa khasiat jamur tiram untuk kesehatan.

a. Meningkatkan produksi sel darah merah

Kadar zat besi, niasin dan mineral lainnya dalam jamur tiram dapat membantu proses pembentukan eritrosit atau sel darah merah.

b. Mengobati kanker

Jamur tiram mengandung senyawa-senyawa polisakarida, seperti beta D-glukans yang berfungsi sebagai anti tumor, anti kanker, anti virus, anti bakteri dan dapat meningkatkan sistem imun.

c. Sebagai tambahan gizi untuk ibu hamil

Kandungan asam folat pada jamur tiram sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil agar dapat mengurangi resiko cacat kelahiran dan cacat otak pada anak.

3. Manfaat Lainnya

Selain untuk bahan pangan dan kesehatan, jamur tiram juga memiliki kegunaan lainnya sebagai berikut:

a. Pupuk organik

Penggunaan jamur tiram tidak terbatas pada buah jamurnya saja, ampas media tanam atau baglog yang sudah tidak produktif dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik.

b. Pakan ternak

Limbah dari jamur tiram yaitu bagian basal atau pangkal yang bersentuhan langsung dengan media tanam atau jamur rusak bisanya tidak ikut dikemas bersama jamur tiram untuk dijual. Limbah tersebut dapat digunakan untuk tambahan pakan ternak, baik ikan, unggas, sapi dan kerbau.

c. Organisme pendaur ulang

Di habitat alam semua jenis jamur adalah organisme yang berperan penting dalam siklus daur ulang karbon dan nitrogen. Jamur tiram termasuk yang memiliki peran penting dalam hal ini. Mekanisme ini, jamur tiram berperan sebagai agen pelapuk dan pendaur ulang serta turur menjaga lingkungan dari penumpukan bahan-bahan organik.

d. Komposter alam

Di alam, Jamur tiram dapat juga berperan sebagai komposter alami. Residu tanaman dan kotoran hewan yang diuraikan oleh jamur merupakan komponen penting untuk sifat fisik dan kimia tanah. Hasil dekomposisi bahan-bahan organik tersebut akan meningkatkan kemampuan tanah menyangga air, membuat tekstur tanah menjadi lebih gembur dan memberikan kesuburan bagi tanaman.

e. Sumber pendapatan

Bahan baku yang muranh dan tersedia melimpah sepanjang tahun, teknologi budidaya yang mudah dipelajari dan dikembangkan dalam skala sesuai kemampuan, serta pasar yang terus meningkat seiring pengetahuan masyarakat yang semakin baik mengenai manfaat jamur tiram untuk kesehatan, maka usaha budidaya jamur tiram merupakan usaha yang sangat menguntungkan (prrofitable) apabila ditekuni dengan baik.

Komentar